loading...

Saturday, May 30, 2015

Tanaman Hias dengan Media Air


Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai tanaman hias indoor yang ditanam dengan media air.  Ada beberapa jenis tanaman yang ada di sekitar kita bisa dijadikan tanaman hias indoor, seperti tanaman daun suji, tricolour, tanaman gantung, bambu kecil.

bambu kecil
dari tanaman gantung
daun suji

Untuk tanaman daun suji dan tricolour cukup memotong cabang-cabangnya saja, letakkan dalam vas atau gelas berisi air, dalam 2-4 minggu pada cabang akan muncul banyak akar,



Untuk tanaman gantung, cukup potonng ujung-ujung cabang yang bagus, susun dalam vas berisi air. Dalam beberapa jam pucuk cabang yang tadinya sulit diatur akan menjadi tegak mengikuti arah matahari, sehingga tampilan akan semakin bagus.  

Jika memilih tanaman bambu untuk diletakkan dalam vas, harus mengambil tanaman berikut akarnya.  Cuci bersih, lalu letakkan dalam wadah berisi air.

Tanaman bambu dan bunga gantung jika dirawat dapat sangat awet ditanam di air.  Tanaman pada gambar diatas sudah setahun lebih berada dalam air.  Sedangkan daun suji dan tricolour umumnya hanya bertahan 3-4 bulan saja,  sehingga perlu diganti dengan cabang baru.

Jika memiliki tanaman-tanaman media air ini, anda harus rajin mengganti airnya seminggu sekali agar tidak menjadi sarang nyamuk.  Tanaman-tanaman ini dapat diletakkan di meja tamu, meja makan, kamar mandi, bahkan dapur.  

Tanaman di atas adalah contoh dari tanaman yang biasa saya letakkan di rumah.  Selain menambah keindahan, juga sangat baik untuk kesehatan, karena menambah jumlah oksigen di dalam rumah.

Selain di rumah, saya juga meletakkan tanaman ini di meja kerja, karena tanaman hidup selain menghasilkan oksigen juga dapat menyerap dan mengurangi zat-zat merugikan di sekitar kita.



bambu kecil yang ditanam ditanah

bunga gantung

tricolour



Terima Kasih Sudah Berkunjung.

Selamat Mencoba.





2 comments:

  1. Saya juga suka tanaman hias gantung, tapi kalau dimasukkan di vas/gelas lalu diletakkan dalam rumah juga menarik lho, susana jd lebih seger...Mks sdh mampir.

    ReplyDelete