loading...

Tuesday, November 17, 2015

Review Lampu LED Philips, Panasonic dan Shinyoku

Saya tertarik menulis review tentang lampu LED ini berawal dari kekesalan saya terhadap suatu merk lampu LED yang mulai rusak satu persatu di rumah saya.
Saya pertama kali membeli lampu LED ini pada pertengahan tahun 2013, tepatnya ketika kami membeli sebuah rumah dan melakukan rehab total termasuk mengganti seluruh lampunya.
Waktu itu kami tertarik membeli lampu LED karena terpengaruh iklan tentang hemat listrik dan tahan lamanya sebuah lampu LED, iklan lampu LED Phillips bahkan memperlihatkan lampu yang sangat tahan lama sampai mampu menemani si pemilik rumah dari kanak-kanak sampai tua/beruban.
Kami mulai menempati rumah baru pada bulan Oktober 2013, dan menggunakan lampu LED untuk sekitar 17 titik lampu mulai dari 5 watt sampai dengan 11 watt.  Waktu itu lampu LED masih baru diperkenalkan, harganya mahal dan sulit didapatkan.   Kami membelinya tidak sekaligus, karena rumah juga belum langsung ditempati.  Awalnya hanya membeli merk Phillips, namun suatu waktu stok Phillips habis dan kami ditawarkan merk Panasonic.  Karena rumah sudah hampir ditempati akhirnya kami membeli juga merk Panasonic yang harganya juga lebih murah dibanding Phillips. Terakhir kami ditawari juga lampu LED merk Shinyoku yang harganya jauh lebih murah, dan kami membelinya.  Setiap lampu yang dibeli diberi tanggal pembelian menggunakan spidol permanen oleh toko, karena ada garansi setahun diganti bila rusak.
Lampu LED Phillips berjumlah sekitar 6 atau 7 buah, lampu Panasonic 5 buah, dan Shinyoku 5 buah.

Semua lampu cukup memuaskan pada awalnya, terang dan bayaran listrikpun lebih ringan.  Untuk hemat listrik dan terangnya, semua lampu LED cukup memuaskan.  Untuk watt yang sama lampu phillips yang terasa paling kurang terangnya, panasonic dan shinyoku lebih memuaskan.

Mulai satu tahun berlalu, satu merk lampu mulai rusak tepat 1 minggu setelah tanggal garansi berakhir,  sehingga kami tidak bisa mendapatkan penggantian.  Yang rusak Lampu LED Merk Phillips.  Hingga saat ini sudah sekitar 4 atau 5 buah lampu LED yang rusak dan semuanya merk Phillips.  Artinya hampir semua lampu Phillips yang kami beli sudah mati. Sedangkan merk Panasonic dan Shinyoku belum ada satupun yang rusak.  Saya yakin lampu Phillips yang saya beli bukan tiruan, karena waktu itu lampu LED baru diperkenalkan dan saya membelinya dari alfamart dan toko listrik yang terpercaya.

Yang lebih mengecewakan lagi saya membeli lampu phillips dengan harga yang paling mahal sekitar 59 ribu untuk yang 5 watt sampai dengan 100 ribuan untuk watt yang lebih besar.  Atau mungkin Phillips mengalami gagal produksi pada waktu itu?

Sepertinya Phillips sekarang sudah mengganti tema iklannya, karena jangankan mau menemani sampai tua, baru 2 tahan saja sudah hampir gugur semua.  Saya tidak bermaksud menjelekkan Phillips karena sebelumnya saya menggunakan lampu tabung phillips untuk rumah yang lama, dan saya cukup puas.  Sudah belasan tahun kami menjadi pelanggan setia phillips bahkan magic com pun kami masih menggunakan merk Phillips, tapi untuk lampu LED ini kami rasa phillips masih belum cukup baik.

Tapi review ini hanya berlaku untuk LED yang lama, karena mungkin sekarang Phillips sudah memperbaiki produksinya dan bisa jadi lebih awet dari yang lainnya.

Kami akan tetap menggunakan lampu LED karena terangnya bagus dan hemat energi, tapi sepertinya kami tidak akan beli Phillips lagi, terakhir kami mengganti semua lampu yang rusak dengan lampu LED merk Shinyoku.  Karena jauh lebih ekonomis dan terbukti awet tentunya.


Sekian review saya, Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih sudah Berkunjung.

10 comments:

  1. Sy pakai philips led 7w & 4w sudah 1,5-2thn msh bagus, sangat terang pula. Sy coba LED lain paling terang philips, barangkali yg LED awal sepertinya masih belum bagus Phlips.

    ReplyDelete
  2. Saya senang ada pendapat lain tentang lampu philips, semoga sekarang philips semakin baik lagi sehingga tidak ada kekecewaan seperti saya lagi. Terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  3. Saya dulu juga menggunakan LED Philip tetapi menurut sy memang tidak sesuai semboyannya tapi mungkin itu dulu sekarang mungkin juga philip telah berbenah memperbaiki diri karena sudah banyak lampu LED yang dari China maupun lokal.
    sebelum membeli sebaiknya melihat catatan pada kardus lampu dimana philip menyatakan bahwa lampu led bisa tahan 15 th tetapi .... nah ini ada tetapinya hanya apabila digunakan 4 1/2 jam per hari dan itupun ditulis dengan huruf yang sangat kecil sehingga orang akan sulit untuk membaca .... makanya kita harus berhati2 jangan termakan iklan
    saya sekarang di rumah menggunakan lampu LED Kawachi dimana masih merk dari Jepang dan harganya dibawah merk philip, Osram, Panasonic ataupun merk terkenal lainnya utuk terangnya ( lumen) lebih tinggi (lebih terang) dibanding Philip dan sy sudah pakai 2 tahun dan tidak dimatikan selama 24 jam perhari masih awet

    ReplyDelete
  4. Sekedar masukan aja ya, saya punya led philips juga sebanyak 5 buah pada tahun 2013, tapi sekarang tinggal dua karena yang 3 sudah tewas padahal pemakainya hanya diwaktu malam saja,
    sekarang sulit mencari merk lampu LED yang bisa sampai rambut beruban, apalagi yang ber merk abal2

    ReplyDelete
  5. Terimakasih sharing-nya. Sedih juga beli lampu mahal2 tapi tewas satu persatu, sepertinya memang cukup sulit mencari lampu yang cukup berkualitas, "Kawachi" kayaknya perlu dicoba nih . . .

    ReplyDelete
  6. Saya baru beli led philips 14w harga 120rb baru pake 1mgg tepatnya kmrn pd saat listrik padam led philips pun padam n ga mau nyala lg..

    ReplyDelete
  7. Saya baru beli led philips 14w harga 120rb baru pake 1mgg tepatnya kmrn pd saat listrik padam led philips pun padam n ga mau nyala lg..

    ReplyDelete
  8. mantap penjelasannya om, apalagi detail banget, salam kenal ya dari kami dan ijin promo ya harga lampu led jalan raya

    ReplyDelete
  9. 2017 bangun rumah pasang 30 lampu LED philips, 6 bulan udah mati 5, setahun 20 an lampu mati, ganti merk abal2 sama aja bertahan 6 bln sampai 12 bln aja.. skr mau coba panasonic, beli lewat tokopedia, semoga awet

    ReplyDelete
  10. Di rumah saya pakai lampu LED panasonic pak... Tapi baru jalan 7 sd 8bulanan aja salah satu lampu diruang tengah mati. Selang 2 hari,,salah satu lampu di teras depan mati juga. Panasonic jg ga njamin awet pak. Ini saya mau ke toko listrik beli lampu. Tadi nya mau beli Philips,, ehh review nya kok gini. Coba cari merk kawachi deh nanti.

    ReplyDelete