loading...

Wednesday, December 16, 2015

Tips dan Cara Membuat Donat Yang Empuk Tanpa Kentang

Saya mempunyai sebuah resep untuk membuat donat yang empuk tanpa kentang.  Hal ini berawal dari kegemaran saya membuat donat dan saya merasa membuat donat kentang lebih merepotkan.  Selain repot harus mengukus dan menghaluskan kentang, pada saat pengulenan adonan donat kentang juga lebih lengket sehingga tidak direkomendasikan bagi pemula.  Untuk itu saya tertarik untuk berbagi resep dan tips cara membuat donat yang empuk tanpa kentang. 

Ada beberapa tips untuk lebih menjamin donat anda akan empuk :
1.  Jangan masukkan putih telur.
Putih telur akan membuat donat goreng anda menjadi keras setelah dingin, apalagi sesudah berganti hari akan semakin kaku lagi.  Jadi jangan masukkan putih telur ke dalam adonan.

2.      Uleni adonan donat sampai benar-benar kalis.
Adonan kalis bukan hanya tidak lengket di tangan, tapi benar-benar telah empuk dan menyatu.  Pokoknya diulen semakin kuat dan lama semakin baik, bila perlu dibanting-banting jika wadahnya memungkinkan.  Tapi kalau wadahnya kurang kuat, adonan tidak perlu dibanting, donat bisa tetap enak kok.  Kakak saya yang laki-laki bisa membuat donat yang sangat empuk dengan resep saya, karena kemampuan mengulennya yang sangat baik, tapi dia memecahkan salah satu baskom plastik saya karena terlalu keras membanting. 

3.      Goreng dengan minyak banyak.
Menggoreng donat tidak bisa dengan sedikit minyak. Donat tidak akan matang sempurna jika tidak cukup terendam.  Ketika digoreng minimal  donat terendam setengah dengan minyak, lebih baik lagi jika donat mengapung.

4.      Adonan jangan terlalu lembek.
Jika anda sudah lama menguleni adonan (lebih dari 15 menit) tapi adonan tetap lembek mungkin adonan kebanyakan air, jangan ragu menambahkan tepung.  Tapi jangan kebanyakan tepung juga ya, terlalu keras juga tidak enak.  Adonan yang terlalu lembek akan menyerap minyak waktu digoreng, jadi minyak anda akan cepat habis dan donat anda sangat berminyak.  Namun jika adonan terlalu keras sehingga tidak kalis-kalis juga, jangan ragu juga untuk menambahkan air.  Tapi tambahkan air sedikit-sedikit saja dan secukupnya. Jangan sampai menjadi kelembekan ya.

5.      Jangan siram ragi dengan air panas.
Air panas akan membuat ragi mati dan tidak berkembang, bisa dipastikan donat anda akan gagal dan tidak mengembang.  Gunakan air biasa saja, beberapa resep mungkin menyarankan air hangat, tapi sebaiknya jangan dicoba.  Bisa saja airnya terlalu hangat dan membuat bakteri pada ragi mati, sehingga donat tidak mengembang.  Lebih aman pakai air biasa saja ya.

6.      Gunakan ragi yang masih baik.
Beberapa ragi sudah kurang layak digunakan walaupun belum kadaluarsa.  Mungkin cara penyimpanan yang kurang baik atau bocor bisa jadi penyebabnya.  Pastikan anda membeli ragi di tempat yang cukup baik dan bersih, kemasan ragi yang tidak mulus (recek) merupakan tanda-tanda ragi sudah kurang baik.  Untuk memastikannya, buat biang adonan terlebih dahulu.  Gunakan setengah gelas air dicampur dengan 2 sdm terigu dan ragi.  Setelah 1 jam adonan biang akan terlihat berbusa cukup banyak, hal ini menandakan ragi masih bagus dan layak dipergunakan.

Di atas adalah beberapa tips untuk membuat donat yang bagus, mudah-mudahan jika diikuti dengan baik donat anda akan mengembang sempurna, lezat dan empuk.  Berikut ini adalah arsip resep donat keluarga saya, selamat mencoba.

DONAT

Bahan :
·        Terigu 1 kg
·        Fermipan 1 bks
·        Telur  5 butir (merahnya saja)
·        Gula 200 gram (1 gelas belimbing)
·        Blue Band 150 gram (3/4 sachet)
·        100 gram susu bubuk (atau secukupnya)
·        Garam secukupnya
·        Air secukupnya (kira-kira 2 gelas)

Cara membuat :
1.     Campurkan air dengan ragi, 2 gelas terigu, susu, telur dan gula, aduk rata biarkan sekitar 1 jam atau lebih.
2.      Kemudian masukkan semua sisa terigu dan garam di aduk dan diulen sampai kalis.
3.      Tambahkan Blue Band ulen sampai kalis lagi. Diamkan 2 jam.
4.     Ulen sebentar,  bentuk donat. Diamkan 15 sampai 30 menit, goreng dengan minyak banyak dan api kecil sampai matang. Setelah dingin baru dioles margarine dan ditaburi meises.


Selamat Mencoba






1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete