loading...

Monday, January 7, 2019

Review clodi babyland, enphilia crispy, qianquhui, carters, z-two, training pants cuddle me dan klodiz.

Meskipun sudah banyak sekali buibu yang posting masalah per-clodi-an dan training pants, akhirnya saya tertarik juga untuk ikutan share pengalaman pakai aneka clodi dan training pants.

Baby-ku cowok, sekarang udah hampir dua tahun dan dari umur 3 bulan bisa dikatakan full clodi.  yahh, sebenernya kadang-kadang pakai pospak juga buat jalan-jalan, atau pas kehabisan clodi karena musim hujan.  Soo, bisa dikatakan perjalanan clodi sudah cukup panjang dan lebar.

Walaupun sering baca-baca review clodi, akhirnya .... yah tetep aja penasaran untuk membeli dan mencoba masing-masing clodi tersebut.

Hasilnya .......


  1. Untuk clodi Aku lebih prefer ke babyland dan enphilia crispy.  Aku suka 2 clodi ini karena nyaman dipakai buat harian, dan enphilia saya suka karena model perekat/velcro sehingga bisa di pasang dengan cepat. Dua clodi ini juga awet meskipun dipakai dan dicuci pakai mesin setiap hari.
    Enphilia crispy
  2. Clodi carter dan qianquhui itu barangnya sama aja, relatif lebih bocor dan karetnya cepat banget molor, jadi baru 3-6 bulan dah gk bisa dipakai lagi. (mungkin karena dicuci pakai mesin cuci)
  3. Clodi z-two juga kurang nyaman, jahitannya mrotol* semua.  Tapi insertnya yang berbentuk segiempat jadi favoritku, mudah dibersihkan, cepat menyerap dan bisa menyerap banyak.
    Insert z two
  4. Yg paling mahal punyaku ecobum, bagus tapi kurang nyaman aja makeinnya. kayaknya bulky banget, jadi jarang dipakai.
Menginjak usia 1,5 tahun, aku mulai berburu training pants karena clodi udah gk nyaman buat adek.  Aku beli merk cuddle me, ningrat aio, klodiz, dan training pants tanpa merk yang beli di luar negeri (shopee), hasilnya :


  1. Menurutku paling bagus dan cute yang merk cuddle me, lapisan dalamnya cukup tebal.  Kelemahannya adalah karet pinggangnya bisa dibesar kecilin sering lepas tiap dicuci. jadi rada susah juga masangnya.  Kalo dicuci juga agak lama keringnya.  Tapi tetep oke sih.
  2. Klodiz paling nyaman kayaknya, dicuci cepat kering juga.  Cuma .....belinya harus yang size besar yaa...Si adek biasa pake pampers ukuran l-xl, beli klodiz xl masih sempiit.  Trus juga agak kurang standar sizenya, dari 12 pc ukuran xl yang aku beli ada yang pas, ada yang sempit.  karena paha si adek cukup gede alhasil aku guntingin secara bar-bar lingkar pahanya supaya tetep nyaman dipakai, untung gk brudul walaupun tiap hari dicuci mesin selama beberapa bulan ini.
  3. Ningrat AIO, bentuknya kaya pampers, cuma tebeel banget dan cuttingnya kecil.  Jadi dipakenya kaya kekecilan dan ketebalan gitu.  Bahan inner lembuut banget tapi gk nyerap, sehingga kalo dipake si adek bokongnya keringetan. Aku kurang rekomen dah yang ini.
  4. Untuk training pant yang beli di luar negeri (shoppee), bahannya bagus dan nyaman dipakai tapi lapisannya cuma 2 layer jadi tipis banget.  Kalau buat nampung pipis, relatif bocor banyak.  Kalau punyaku, biar lebih aman training pant yang ini aku tambal pakai insert tipis merk cluebabe eucalyptus, dan dijahit tangan supaya gk geser waktu dipakai.  PAling irit ya, training pants jenis ini cuma 18 ribuan tapi bagus.  Kelemahannya ya itu tadi, ribet mau jahit insert tambahan.
Untuk training pant aku paling suka klodiz, nomor 2 cuddle me.  Tapi masalah size harus benar-benar diperhatikan.  Mendingan beli yang paling besar aja sekalian, dari pada sempit dan gk nyaman.

Klodiz ini juga nyaman dipakai untuk bayi yang udah belajar jalan.  Aku nyesel baru belinya saat usia adek 1,5 tahun, harusnya dari umur 7 bulanan udah bisa pakai.  
Kadang dulu suka males pakai clodi karena lebih mudah pakai pospak, sehingga setiap hari walaupun habis 10 clodi, tetep aja pakai pospak 2-4 pc.  Masih boros juga kan?
Sekarang setelah pakai training pants hampir gk pernah lagi pakai pospak.  Bener-bener nyaman aja.

Mau namanya clodi pengganti pospak, tapi aku akan langsung mengganti clodi maupun training pants tiap si adek pipis.  Jadi memang targetnya buat sekali pipis doang.  Biar pipisnya gak berceceran dan ngotorin para pengasuhnya (kakak dan ibunya maksudnya).
Jadi stok celana dan clodi harus bener-bener banyak, karena tiap kali pipis langsung ganti semua kecuali baju.

Kasian anak-anak jaman sekarang banyak dipakein pospak yang terbuat dari bahan-bahan sintetis yang banyak mengandung pengawet dan klorin.  Pembalut aja selalu digadang-gadang menjadi sumber penyakit wanita, ini anak-anak malah dipakaikan sesuatu yang lebih besar dari pembalut dan dipakai sepanjang hari setiap hari.

Marilah kita menjadi orang tua yang lebih bijak dan bersikap lebih hati-hati terhadap kesehatan anak.
Semoga Bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.



2 comments:

  1. Malam mbak..
    Terima kasih sharingnya..
    Utk klodiz, saat itu BB anak mbak brp ya?
    Kebetulan sy mau beli dan bb bbb anak masuk range ukuran L (12kg) dan msh ada jarak ukuran ke xl..
    Takut terlalu besar..krn saya beli TP CM L kebesaran hehe

    ReplyDelete
  2. Halo, berat 23kg prefer pakai klodiz xxxl atau cuddle me L/XL ?

    ReplyDelete